PANDUAN WORKSHOP
PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN AKTIF DAN INOVATIF

BAGI DOSEN UNIVERSITAS LAMPUNG

26-29 September 2016  







Pusat Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran (PKPP)
Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M)
Universitas Lampung
2016
  1. LATAR BELAKANG



Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) adalah kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor.  Proses pembelajaran adalah salah satu hal penting dalam rangka pencapaian kompentesi berdasarkan KKNI.  Berhasil atau tidaknya proses pembelajaran dapat dilihat dari metode dan kwalitas pembelajaran. Metode pembelajaran yang menarik dapat meningkatkan animo dan pemahaman peserta didik yang pada akhirnya tercapainya kompetensi peserta didik sesuai dengan harapan.

Program studi bertanggung jawab untuk mengembangkan: (1) kurikulum, (2) silabus, (3) desain pembelajaran, dan (4) sistem penilaian berdasarkan standar kompetensi lulusan yang ingin dicapai. Asumsi kurikulum berbasis capaian pembelajaran adalah bahwa semua dapat belajar untuk mencapai kompetensi yang diharapkan dengan menggunakan berbagai macam cara atau metode pembelajaran sehingga capaian pembelajaran dapat tercapai dengan rentang waktu yang telah ditentukan. Proses pembelajaran dituntut tak cukup hanya learning to know, namun kemudiaan harus sampai kepada learning to do, learning to be, dan learning to live together.

Hal ini berarti bahwa kualitas proses pembelajaran perlu dikembangkan secara adaptif dan kreatif . Dalam hal ini yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan adalah perkembangan kesiapan tenaga pengajar (dosen) sebagai sumber daya manusia pendidikan yang menjadi aktor utama dalam proses pembelajaran tersebut, termasuk penguasaan materi dan metode pembelajaran yang variatif dan inovatif.

Multimedia pembelajaran adalah salah satu metode dalam pembelajaran yang memanfaatkan teknologi komputer untuk menjelaskan suatu penomena atau teori dengan menggunakan gambar dan suara, sehingga mahasiswa dapat memahaminya denga jelas dan dapat digunakan kapan saja dan dimana saja tanpa terikat ruang dan tempat.  Multimedia pembelajaran memberikan harapan baru sebagai alternatif solusi atas sebagian besar permasalahan pendidikan di Indonesia, dengan fungsi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, baik sebagai suplemen (tambahan), komplemen (pelengkap), ataupun substitusi (pengganti) atas kegiatan pembelajaran di dalam kelas yang selama ini digunakan.

Workshop pembuatan media pembelajaran aktif dan inovatif dimaksudkan sebagai sarana untuk menambah ilmu pengetahuan  dan keahlian dosen untuk membuat perangkat pembelajaran yang bermutu dan menarik. Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan perangkat pembelajaran multimedia yang aktif dan inovatif untuk dapat digunakan peserta didik/mahasiswa.   

Melihat Visi Unila kedepan untuk merebut posisi 10 besar universitas di Indonesia, dalam persaingan antar universitas yang semakin ketat dan dinamis, maka menjadi sangat penting untuk memandang pemanfaatan media IT dalam multimedia pembelajaran pada website unila dan juga menjadi poin penting bagi peningkatan akreditasi universitas, maka PKPP LP3M menyelenggarakan pelatihan untuk dosen di lingkungan Unila tahun 2016 atas biaya DIPA BLU.

Target pelatihan ini adalah seluruh peserta dosen yang mengikuti pelatihan akan memiliki bahan multimedia pembelajaran  dari mata kuliah yang diampu dan dapat memanfaatkan sistem e-Learning yang sudah terintegrasi di SIAKAD Unila.

  1. DASAR KEGIATAN



  1. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
  2. Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
  3. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi;
  4. Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
  5. Peraturan Pemerintah No. 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
  6. Peraturan Mentri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republi Indonesia No.44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

  1. TUJUAN



Dosen dapat menghasilkan bahan ajar multimedia pembelajaran mata kuliah yang diampu sehingga meningkatkan proses pembelajaran dan mutu pendidikan yang memenuhi standar akreditasi nasional/internasional.

  1. MANFAAT



Akhir pelatihan ini diharapkan peserta dapat;
1. Mengusai  Movie Maker dan Canstudio untuk pembuatan bahan ajar multimedia.
2. Membuat bahan ajar multimedia mata kuliah yang diampu dan langsung dapat di akses oleh mahasiswa yang saat ini sedang mengambil mata kuliah berjalan.
3. Mahasiswa dapat mengoptimalkan proses pembelajaran, sehingga dapat belajar kapan saja dan dimana saja serta dapat diulang-ulang sampai mengerti.

  1. TEMA KEGIATAN



Kegiatan ini mengusung tema: “Penguasaan Multimedia sebagai Langkah Penguatan Atmosfer Academik menuju  Top Ten University.
  1. SASARAN



Sasaran kegiatan pelatihan ini adalah para dosen di Universitas Lampung yang tersebar pada 8 (delapan) fakultas yaitu: 1) Fakultas Hukum, 2) Fakultas Ekonomi, 3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4) Fakultas Pertanian, 5) Fakultas Teknik, 6) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 7) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8) Fakultas Kedokteran.
  

 G. MATERI



Materi workshop media pembelajaran  meliputi:
  1. Kebijakan pengembangan bahan ajar multimedia di Perguruan Tinggi
  2. Pengembangan Multimedia  di Unila
  3. Pengenalan dasar sistem Multimedia
  4. Pembuatan bahan ajar multimedia mengunakan movie maker dan camstudio
  5. Best Practice
  6. Latihan/tugas/pembimbingan

  H. METODE



Pelaksanaan pelatihan menggunakan  metode 30% teori dan 70% praktik. Peserta langsung dibimbing agar dapat menggunakan menggunakan program movie maker dan camstudio. Standar kelulusan didasarkan atas penilaian komponen-komponen sebagai berikut:
  1. Kehadiran
  2. Aktivitas kelas
  3. Tugas dan presentasi
Tugas akhir membuat materi bahan ajar multimedia  sesuai dengan mata kuliah yang diampu.

  1. PELAKSANAAN



Workshop  bahan ajar Multimedia, direncanakan akan dilaksanakan pada:
Hari : Senin-Jumat
Tanggal : 26-30 September 2016
Tempat : Laboratorium Multimedia LP3M  Universitas Lampung.

J. HASIL DAN KOMPETENSI HARAPAN



Hasil dan Kompetensi yang diharapkan melalui kegiatan workshop  pembuatan media aktif dan inovatif  adalah dihasilkannya bahan ajar multimedia yang dapat diakses melalui internet.

K. PERLENGKAPAN



Perlengkapan yang harus dibawa oleh peserta adalah Bahan Presentasi Perkuliahan

L. TUGAS



Tugas yang harus diselesaikan oleh peserta pelatihan adalah membuat bahan ajar multimedia sesuai mata kuliah yang diampu.

M. KETENTUAN



  1. Peserta diharuskan menyelesaikan tugas membuat materi kuliah V-class dalam waktu 2 hari selama workshop dibawah bimbingan pembimbing yang ditentukan oleh LP3M.
  2. Tugas harus dapat diakses pada web V-class unila, dan  menyerahkan laporan tugas kepada LP3M melalui petugas yang sudah ditunjuk, untuk mendapatkan tanda bukti penyerahan tugas.
  3. Tugas  dibuat dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Diketik: Kertas A4, Font Times New Roman dengan margin kiri 4, kanan 3, atas 3 dan bawah 3.
    2. Dijilid softcover warna sesuai dengan bendera fakultas
    3. Halaman judul
    4. Lembar konsultasi disertakan dalam Tugas
    5. Rangkap 2 (yang asli dikumpulkan, Fotocopy untuk dokumen pribadi/diparaf petugas).

N. TATA TERTIB



Selama berlangsungnya kegiatan, para peserta diwajibkan:
  1. Hadir tepat waktu (30 menit sebelum acara dimulai)
  2. Menandatangani daftar hadir yang disediakan
  3. Selalu membawa materi pelatihan
  4. Mematikan nada dering telepon genggam di dalam ruangan pelatihan
  5. Dilarang menerima telepon didalam ruang pelatihan
  6. Tidak merokok di dalam ruang pelatihan
  7. Mengikuti seluruh acara pelatihan dengan aktif dan tertib

O. JADWAL KEGIATAN



Hari / Tanggal
MATERI
NARA SUMBER
Senin, 26 Sep 2016


08.00 - 08.30
Registrasi ulang peserta
Panitia
08.30 - 09.00
Pembukaan:
-Lagu Indonesia Raya
-Laporan Ketua LP3M: Prof. DR. Ir. Murhadi, M.Si.
-sambutan sekaligus membuka kegiatan oleh REKTOR: Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P.

09.00 - 10.00
Kebijakan Pengembangan Pembelajaran Aktif dan Inovatif di Perguruan Tinggi
Prof. Dr. Bujang Rahman, M.Si.
10.00 - 10.15
coffee break
Panitia
10.15 - 12.00
Pengenalan Multimedia
Agus Trisanto., M.T.,Ph.D.
12.00 - 13.00
Ishoma
Panitia
13.00 - 14.30
Pengenalan dasar CamStudio
Sony., Widiarto., M.Si.
14.30 - 15.00
Coffee break
Panitia
15.00 - 16.00
Penggunaan menu Camstudio
Sony., Widiarto., M.Si.
Selsa, 27  Sep 2016


08.00 - 10.00
Pembuatan bahan ajar menggunakan Camstudio
Sony Widiarto.,M.Si
10.00 - 10.30
Coffee Break
Panitia
10.30 - 12.00
Lanjutan pembuatan bahan ajar menggunakan camtudio
Sony Widiarto., M.Si
12.00 - 13.00
Ishoma

13.00 - 14.30
Pengenalan Power point interaktif
Agus Trisanto.,Ph.D
14.30 - 15.00
Istirahat
Panitia
15.00 - 16.00
Pembuatan presentasi interaktif
Agus Trisanto.,Ph.D
Rabu, 28 Sep 2016


08.00 - 12.00
Pembuatan presentasi bahan ajar interaktif
Agus Trisanto., Ph.D
10.00 - 10.15
Coffee break
Panitia
10.15 - 12.00
Lanjutan
Agus Trisanto., Ph.D
12.00 - 13.00
Ishoma
Panitia
13.00 - 14.30
Lanjutan
Semua Instruktur
14.30 - 15.00
Coffee break
Panitia
15.00 - 16.00
Lanjutan
Semua Instruktur
Kamis, 29  Sep 2016


08.00 - 12.00
Presentasi tugas para Peserta
Semua Instruktur
12.00 - 13.00
Ishoma
Panitia
13.00 - 14.30
Lanjutan
Semua Instruktur
14.30 - 15.00
coffee break
Panitia
15.00 - 16.00
Penutupan
Ketua LP3M


P. FASILITATOR


  1. Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si.
  2. Dr. Lindrianasari
  3. Dr. Pujiati, M.Pd.
  4. Agus Trisanto, Ph.D.
  5. Dr. Tuntun Sinaga
  6. Dr. Jhons Fatriadi
  7. Sony Widiarto.,M.Si.

0 komentar:

Posting Komentar